Mekanisme Pembayaran Melalui Kartu Kredit

| Selasa, 14 Oktober 2014
"Kartu Kredit". Siapa yang tidak tahu kartu kredit? (mungkin anak kecil/balita ._.). Saat memiliki kartu kredit, orang-orang cenderung menjadi konsumtif saat berbelanja. Hal itu terjadi karena mereka tidak ada kontrol fisik dalam atas uang. Apabila kita membawa uang tunai dalam dompet, kemampuan untuk berbelanjapun hanya sebatas uang yang ada di dompet. Sebaliknya pada kartu kredit, kemampuan membayar kita sebesar limit yang ada di kartu kredit tersebut. Disinilah sering terjadi kesalah yang dilakukan konsumen.
Untuk menambah wawasan anda sekaligus mengurangi kesalahan yang sering dilakukan saat penggunaan kartu kredit saya akan berbagi nih tentang mekanisme "Kartu Kredit". Berikut ada video dari Khan Academy.


Kalau males buat nunggu lingkaran yang muter-muter gak berhenti. Saya rangkum nih buat kalian. Dalam mekanisme kartu kredit itu ada beberapa pihak, diantaranya:

1. The Processor / The Network
Pihak yang berjasa untuk memelihara jaringan Bank yang ada dan menghubungkan mereka. Contoh disini adalah VISA, Mastercard, American Express, atau Discovery. Ada di setiap kartu anda baik kartu kredit maupun debit. Disini dia berperan sebagai pihak yang menyediakan servis jaringan, dan mendapat 0,1% dari transaksi.

2. Issuer
Bank yang menerbitkan kartu kredit anda. Dengan nomor unik dan nama anda di dalamnya. Disini dia berperan sebagai pihak yang menawarkan kredit, jadi dia mendapat bagian paling besar dari presentase. Dia mendapat 1,7% dari transaksi karena dia menanggung risiko paling besar, yaitu gagal bayar.

3. Acquirer
Bank yang menerbitkan alat gesek kartu kredit (EDC) biasanya bisa menerima kartu kredit mana saja dengan jaringan yang sama. Adalah pihak yang memotong 2% dari setiap transaksi yang terjadi di merchant. Angka 2% tidak tepat tapi untuk menggambarkan metode fee yang ada dalam mekanisme kartu kredit. Dia dapat 0,2% dari transaksi.


4. Merchant
Toko yang menyediakan EDC dari Acquirer yang menerima kartu kredit tertentu. Dalam hal ini dia terkena discount sebesar 2%, dalam hal ini ada 2 tipe merchant. Ada yang membebankan extra charge kepada konsumennya 2% tambahan, namun ada juga yang menanggungnya sendiri

Sekian penjelasan tentang "Kartu Kredit" dari saya. Semoga bermanfaat untuk yang membacanya.




Sumber: Mekanisme Kartu Kredit

1 komentar:

Prev
Diberdayakan oleh Blogger.
▲Top▲